Kamis, 07 Juni 2012

Booting Dengan CDROM atau USB meski BIOS tidak support dengan PLoP Boot Manager

Memperbaiki komputer lama yang tidak support booting dari CDROM atau USB kadang merepotkan. Sebagai teknisi komputer, tentunya sangat memudahkan jika bisa booting melalui CDROM atau USB dengan menggunakan Hiren Boot CD atau sejenisnya. Nah, tenyata sudah ada tool yang bisa sangat membantu kita untuk booting melalui CDROM atau USB untuk komputer tua yang tidak memiliki fasilitas tersebut.
Namanya PLoP Boot Manager, program ini adalah program kecil yang akan membantu kita booting menggunakan CDROM, Floppy, USB atau Network. Program ini tidak seperti program Boot Manager yang diinstall lalu menumpuki Master Boot Record pada harddisk. Yang diperlukan hanyalah mengedit file boot.ini di Windows XP atau BCEDIT di Windows Vista.
Berikut langkah-langkah untuk menginstall PLoP di Windows Boot Menu :
1. Download http://downloads.ziddu.com/downloadfile/14858730/plpgenbtldr-0.7.zip.html
2. Extract plpgenbtldr-0.7.zip, lalu copy file plpbt.bin dan plpgenbtldr.exe ke folder c:\plop (atau folder lain)
3. Klik Start > Run, ketik cmd lalu klik OK
4. Ubah folder ke c:\plop dengan mengetikkan cd\plop lalu tekan ENTER
5. Lalu ketikkan plpgenbtldr lalu tekan ENTER, akan terlihat beberapa baris informasi dan yang paling penting di akhir ada info : “plpbtldr.bin created” seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
capture01
6. Untuk Windows XP, edit file boot.ini menggunakan notepad (file ini biasanya di root drive c:\) lalu tambahkan : c:\plop\plpbtldr.bin=”Start PLop Boot Manager”, ubah timeout=30 (jika timeout=0)
capture02
7. Restart komputer, maka akan muncul tampilan seperti ini
capture03
8. Pilih “Start PLoP Boot Manager”, lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini (tergantung konfigurasi komputer anda.
capture04

Tidak ada komentar:

Posting Komentar